Selasa, 29 Maret 2016

DISTRIBUSI KOMPUTASI DALAM CLOUD COMPUTING


  • Cloud Computing

Cloud Computing atau komputasi awan merupakan gabungan dari pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangannya yang berbasis internet. Komputasi awan sering ditemui diperusahaan-perusahaan besar, tujuannya agar pengguna dapat mengakses data kapan saja dan di mana saja tanpa adanya batas dan yang lebih penting adanya koneksi internet.

Cloud Computing digunakan untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan komputasi awan. Untuk keamanan data tak perlu diragukan lagi karena keamanan data pengguna disimpan dengan aman yang disediakan oleh penyedia layanan Komputasi Modern.




  • Distribusi Komputasi dalam Cloud Computing

Komputasi Terdistribusi merupakan salah satu tujuan dari Cloud Computing, karena menawarkan pengaksesan sumber daya secara parallel, para pengguna juga bisa memanfaatkannya secara bersamaan (tidak harus menunggu dalam antrian untuk mendapatkan pelayanan), terdiri dari banyak sistem sehingga jika salah satu sistem crash, sistem lain tidak akan terpengaruh, dapat menghemat biaya operasional karena tidak membutuhkan sumber daya (resourches). 

Kegiatan ini merupakan kumpulan beberapa computer yang terhubung untuk melakukan pendistribusian, seperti mengirim dan menerima data serta melakukan interaksi lain antar computer yang dimana membutuhkan sebuah jaringan agar computer satu dan lainnya bisa saling berhubung dan melakukan interaksi. Hal ini semua dilakukan dengan cloud computing yang seperti kita ketahui memberikan layanan dimana informasinya disimpan di server secara permanen dan disimpan di computer client secara temporary.

Distribusi komputasi ini memiliki definisi mempelajari penggunaan terkoordinasi dari computer secara fisik terpisah atau terdistribusi. Pada distributed computing ini, program dipisah menjadi beberapa bagian yang dijalankan secara bersamaan pada banyak computer yang terhubung melalui jaringan internet.

  • Implementasi Distribusi Komputasi Awan
Ada tiga poin utama yang diperlukan dalam implementasi cloud computing, yaitu :

     1. Komputer Front End

Komputer front end merupakan sebuah media tatap muka yang digunakan untuk melakukan interaksi dengan data yang ada dalam sebuah sistem. Biasanya merupakan komputer desktop biasa. Front-end lebih mengarah kepada sebuah layanan umum yang memungkinkan semua orang dapat menerima atau memberikan informasi kepada banyak proses yang dilakukan.

     2. Komputer Back End

Komputer back end dalam skala besar biasanya berupa server komputer yang dilengkapi dengan data center dalam penyimpanan besar. Pada umumnya komputer back end harus mempunyai kinerja yang tinggi, karena harus melayani hingga ribuan permintaan data.

     3. Penghubung antara keduanya

Penghubung keduanya bisa berupa jaringan LAN atau internet.

  • Kesimpulan

Cloud computing berfungsi untuk menyimpan data pada internet. Di dalam cloud computing terdapat distribusi komputasi, dimana terjadi interaksi yang dilakukan antar komputer seperti mengirim dan menerima data menggunakan jaringan komputer hingga pengaksesan sumber daya bisa dilakukan secara paralel dan bisa dimanfaatkan dalam waktu yang bersamaan.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar